BAGAIMANA KALAU PROVINSI SUMATERA BARAT DIGANTI DENGAN PROVINSI PADANG?


            Sumatera barat merupakan salah satu di antara 33 provinsi di republik indonesia yang terletak di pulau Sumatera dengan Padang sebagai ibu kotanya. Sesuai dengan namanya, wilayah provinsi ini menempati sepanjang pesisir barat Sumatera bagian tengah dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai. Dari utara ke selatan, provinsi dengan wilayah seluas 42.297,30 km² ini berbatasan dengan empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu.
            Provinsi yang kerap disebut ranah minang ini berpenduduk sebanyak 4.845.998 jiwa dengan sebagian besar beretnis Minangkabau yang seluruhnya beragama Islam. Hal ini tertuang dalam falsafah yang berbunyi adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah.
            Provinsi ini terdiri dari 12 kabupaten dan 7 kota yakni:
1.      Kabupaten Tanah Datar
2.      Kabupaten Agam
3.      Kabupaten 50 Kota
4.      Kabupaten Padang Pariaman
5.      Kabupaten Solok
6.      Kabupaten Solok Selatan
7.      Kabupaten Dharmasraya
8.      Kabupaten Sijunjung
9.      Kabupaten Pesisir Selatan
10.  Kabupaten Pasaman
11.  Kabupaten Pasaman Barat
12.  Kabupaten Mentawai
13.  Kota Padang
14.  Kota Pariaman
15.  Kota Padang Panjang
16.  Kota Bukittinggi
17.  Kota Payakumbuh
18.  Kota Solok
19.  Kota sawahlunto
            Pembagian wilayah administratif sesudah kecamatan di seluruh kabupaten (kecuali kabupaten Kepulauan Mentawai) dinamakan sebagai nagari—sebelumnya pada tahun 1979diganti dengan desa, kemudian sejak 2001 dikembalikan ke nama semula.
            Orang minang terkenal perantau dan pedagang ulung. Hal yang paling membuat orang minang terkenal adalah masakannya. Sepertinya semua orang di dunia menyukai masakan minang karena mempunyai citarasa yang sungguh lezat. Makanya tak heran jika kita kerap menemukan rumah makan yang berlabel “Masakan Padang”.
            Orang minang kalau sudah berada dirantau biasanya disebut orang padang. Padahal Padang sendiri adalah nama salah satu kota di Provinsi Sumatera Barat.Pertanyaannya kenapa jarang  disebut orang Sumatera Barat yang notabene adalah nama provinsi nya. Sebagai contohnya mari kita simak percakapan singkat berikut:
            A: Orang padang ya pak?
            B: Iya pak.
            A: tetangga saya juga banyak orang padang? Bapak padangnya di mana?
            B: saya di pariaman Pak
            A: O..yang laki-lakinya dibeli ya pak?
            B: #%$#@!
           
            Saya tidak tau jawaban pastinya, bisa saja dahulu kala sebelum ada pembagian provinsi orang minang lebih dikenal orang dengan sebutan orang padang sehingga menjadi kebiasaan dan  sulit untuk merubahnya. Asumsi lain bahwa hal tersebut supaya lebih mudah dan singkat menyebutnya karena kalau disebut orang Sumatera Barat kepanjangan atau orang Sumbar sangat asing kedengarannya.
Ya, itu sekedar asumsi

Jakarta, 11 Februari 2013
           




Komentar

Postingan populer dari blog ini

balada Usup Haryono

PESAWAT DAN CERITANYA

Menuju UI 1: Pemilihan Rektor Universitas Indonesia 2014