KEHORMATAN YANG HARUS DIPERJUANGKAN


                 Dikisahkan seorang eksekutif muda sedang sibuk bekerja di kantornya. Sesaat kemudian datanglah seorang gadis kecil penjual bunga kepadanya.
                “om beli bunganya om?. Murah om. ”
                “ga dek, om lagi sibuk kerja”
                “satu aja om”
                “ADEK KECIL, KAMU TIDAK DENGAR YA? SAYA SEDANG TIDAK BUTUH BUNGA SAAT INI”
                Gadis itupun melangkah  ke luar dari lokasi perkantoran itu dengan wajah yang murung. Dia ke luar menuju sebuah kantin dengan harapan ada yang mau membeli bunga nya itu. Selang beberapa waktu kemudian sang gadis kecil bertemu lagi dengan si eksekutif muda itu.
                “om sudah selesai kerja nya kan? Sekarang beli bunga saya ya om.”
                “saya sedang tidak butuh bunga dek. Ini ambil uang ini dan jangan tawari saya bunga lagi”
                Gadis kecil mengambil uang itu dan kemudian memberikannya kepada pengemis di pinggir jalan. Eksekutif muda itupun bingung.
                “kamu itu maunya apa sih? Saya sudah beri kamu uang. Anggap saja saya telah membeli bunga kamu. Tapi justru kamu berikan pada orang lain.”
                “maaf om, ibu saya mengajarkan untuk tidak menjadi peminta-minta. Kalau mau mendapatkan uang, ya harus bekerja.”
                Eksekutif muda terharu mendengar ucapan yang keluar dari mulut sang gadis. Dia seperti mendapat pelajaran bahwa bekerja dan berusaha merupakan kehormatan diri yang harus diperjuangkan.
                “baiklah dek. Saya beli semua bunga kamu”.

Jakarta, 9 Januari 2013

Komentar

Postingan populer dari blog ini

balada Usup Haryono

PESAWAT DAN CERITANYA

Menuju UI 1: Pemilihan Rektor Universitas Indonesia 2014